Minggu, 14 Januari 2018

Anemon Laut

Pengertian dan Jenis-jenis Anemon Laut



Anemon laut adalah hewan laut dari kelas Anthozoa yang memiliki bentuk seperti bunga sehingga sekilas tampak seperti tumbuhan tetapi, jika diteliti lebih jauh spesies ini merupakan hewan. Hewan ini sering disebut juga dengan mawar laut. Karena memiliki lipatan yang bundar diantara badan dan keping mulut yang membagi binatang ini kedalam kapitulum dibagian atas dan scapus bagian bawah.
Keping mulut yang biasanya datar, melingkar, dan kadang-kadang mengkerut dilengkapi dengan tentakel kecuali jenis Limnactinia. Beberapa anemon lut bergerak seperti siput dan sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berfunsi untuk melindungi diri dari predator. Anemon laut banyak ditemukan didaerah terumbu karang yang dangkal.

Anemon laut mempunyai keistimewaan diantaranya yaitu warna-warna yang indah dan tentakel-tentakelnya yang berisi udara mapu menarik ikan untuk dijadikan tempat tinggal seperti ikan badut.

Beberapa jenis anemon laut yang disukai ikan untuk dijadikan tempat tinggal :

  • Anemone clown : sesuai namanya anemon ini merupakan tempat tinggal ikan badut (Perculla clownfish). Anemon ini biasanya berwarn kemerah-merahan.
  • Anemone Carpet : Anemon ini jika disentuh akan terasa lengket. Ikan yang biasa tinggal dianemon ini yaitu ikan-ikan negro dan nemo. Anemon ini berwarna coklat keabu-abuan.
  • Anemone Jagung : Bentuknya yang seperti jagung mrnjadi ciri khas anemon ini. Ikan jenis balong(maroon clownfish) merupakan penghuni anemon ini.
  • Anemone Pantat Merah : Anemon ini memiliki warna merah dan kemampuan menempel yang sangat kuat pada karang. Anemon ini disukai oleh berbagai jenis ikan badut.
  • Anemone Pasir : Anemon ini memiliki banyak warna seperti warna kuning dan putih.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger