Sabtu, 13 Januari 2018

Habitat Ikan


Ikan merupakan anggota vetebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas menggunakan insang. Ikan merupakan kelompok vetebrata yang paling beragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia.

Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus dan hiu yng memiliki ukuran 14 meter (45ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm. Ada beberapa hewan air yang sering di anggap sebagai ikan, seperti ikan paus, ikan cumi-cumi, ikan duyung yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

Habitat-habitat ikan :

  • Air Tawar
Habitat air tawar dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Air Tergenang atau bisa disebut dengan habitat lentik yang berarti tenang seperti : Danau, rawa, kolam, pasir terapung.
  2. Air Mengalir atau habitat lotik yang berarti tercuci. Contohnya : mata air, aliran air atau sungai.
  • Air Laut

Kedalaman laut dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Epipelagik yaitu permukaan laut pada saat air surut dengan kedalamannya yang mencapai 100 meter tetapi masih bisa digunakan untuk berfotosintesis bagi floral laut, dan dihuni oleh ikan-ikan eufotik.
  2. Mesopelagik yaitu zona dangan kedalaman laut yang mencapai 100 sampai 2000 meter yang dihuni oleh ikan bentik. Ikan mesopelagik cenderung berwarna abu-abu atau hitam kelam.
  3. Batialpelagik yaitu zona dengan kedalaman laut 2000 sampai 4000 meter yang dihuni ikan-ikan batial.
  • Air Payau


Air payau merupakan campuran antara air tawar dan air laut yang memiliki kadar garam anatara 0,5 hingga 30 gram per liter. Air payau dapat ditemukan di muara, yaitu percampuran antara air laut dan air tawar. Ikan yang hidup di air payau antara lain ikan bandeng, ikan kerapu, ikan kakap putih, ikan belanak, ikan patin, ikan bawal, dll. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger